Banjarbaru – Sehubungan dengan peningkatan kompetensi SDM di lingkungan BSPJI Banjarbaru, pada tanggal 12-14 Juni 2023 diselenggarakan Pelatihan internal Pemahaman SNI ISO 9001:2015 yang dilaksanakan secara online dan offline.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan pegawai BSPJI Banjarbaru yang terlibat dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM), dengan narasumber pelatihan dari internal BSPJI Banjarbaru.

Selama tiga hari peserta mendapatkan materi tentang pemahaman SNI ISO 9001:2015 mulai dari Ruang Lingkup, Acuan Normatif, Istilah dan Definisi, Konteks Organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, Dukungan, Operasi, Evaluasi Kinerja, Perbaikan. Hari ketiga pelatihan, peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempresentasikan contoh studi kasus, sebelum ditutup dengan post tes.

Seperti diketahui BSPJI Banjarbaru sudah mengintegrasikan semua sistem manajemen mutunya (SMM), dan ISO 9001 sebagai induknya. Konteks lingkup ISO 9001 yakni bahwa oganisasi perlu menunjukkan kemampuannya secara konsisten untuk menyediakan produk dan jasa yang memenuhi keinginan pelanggan dan hukum yang berlaku, serta persyaratan peraturan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.